Thursday, June 15, 2006

Format Ulang Masa Depan (1)

Kalau duduk2 di depan rumah begini, --sambil apapun. Angin kecil, yg datang2 lagi saat adzan isya bersautan, tidak terlalu dingin, membawa kembali semua kenangan masa2 usia belasan bertahun2 lalu--, semua ingin kuulang & kulakukan lagi dengan benar, dengan pikiran matang, tanpa celah bagi kegagalan2 di kemudian hari. Bisa, ya?

Semua harus terencana. Semua harus gradually schedulled. Semua harus tertempa, terlatih, terbiasa gagal.

Jadi inget film Quantum Leap yang dibintangi Dean Stockwell. Banyak sebenarnya produksi film2 macam gini pada masa itu, tapi film satu ini yg paling membekas bagiku. Sam, yg punya assisten manusia hologram dengan gadgetnya, Ziggy, punya tugas buat berkelana ke masa lalu dan masuk ke dalam raga siapapun & menjadi dirinya u/ memperbaiki kesalahan2 fatal yang bakal dilakukan orang itu. Karena akibatnya sudah diketahui di masa depan, maka Sam akan memainkan peran orang yg dimasukinya, lantas melakukan perbaikan2 kesalahan langkah yang ditempuh orang tersebut pada masa itu. Setelah tugasnya selesai, secara otomatis Sam akan keluar dari raga orang yg diperaninya untuk pindah ke raga orang lain pada masa yg lain juga.

Aku tidak pernah berharap Sam jadi diriku & mengubah sejarahku dengan semau2nya. Aku bahkan tidak juga pernah membayangkan menjadi Sam u/ diriku sendiri u/ bisa mengubah semua kesalahan masa laluku: Melakukan yg seharusnya aku lakukan & tidak melakukan yg seharusnya tidak aku lakukan. Begitu juga dengan semua perkataanku.

No comments: